ANALISIS PEMASARAN KENTANG (Solanum tuberosum) DI KECAMATAN SINJAI BARAT KABUPATEN SINJAI

Ahfandi Ahmad
Journal article Agrominansia • Juni 2016

Unduh teks lengkap
(Bahasa Indonesia, 10 pages)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis marjin pemasaran setiap pola saluran pemasaran yang digunakan petani kentang, (2) Menganalisis farmer’s share pemasaran kentang, (3) Menganalis pendapatan petani kentang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua petani, pedagang dan pengecer, yang memasarkan kentang di Kecamatan Sinjai Barat KabupatenSinjai. Sampel petani ditentukan secara acak sederhana sebanyak 28 petani. Sedangkan sampel pedagang dan pengecer ditentukan dengan metode snow ball sampling. Jumlah sampel pedagang pengumpu l4 orang, pengecer 12 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran pemasaran kentang di Kecamatan Sinjai Barat terdiri dari dua yaitu (1) petani produsen menjual ke pedagang pengumpul dan kemudian menjual kepedagang pengecer dan selanjutnya pedagang pengecermendistribusikan kekonsumen, (2) petani produsen menjual ke pedagang pengecer dan selanjutnya pedagang pengecer mendistribusikan kekonsumen. Saluran pemasaran yang efisien adalah saluran pemasaran II (Petani – Pedagang Pengecer) dengan margin Rp. 967 dan farmer share yang diterima petani adalah 88,31%. Pendapatan yang diperoleh setiap lembaga pemasaran tertinggi pada pedagang pengumpul, selanjutnya pedagang pengecer dan petani produsen, dimana masing-masing lembaga pemasaran memperoleh keuntungan yang layak dan dapat meningkatkan pendapatan.

Kata Kunci : Margin, Farmer Share, Pendapatan

Metrik

  • 293 kali dilihat
  • 456 kali diunduh

Jurnal

Agrominansia

Jurnal Agrominansia merupakan jurnal enam bulanan yang memuat naskah di bidang Pertanian, Peterna... tampilkan semua

Penyandang Dana

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Muhammadiyah Sinjai

Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian Muhammadiyah Sinjai atau STIP Muhammadiyah Sinjai merupakan salah s... tampilkan semua